Wisata Gunung Bromo Tempat Paling Indah Di Jawa Timur

Posted on

Histori Gunung Bromo

Histori gunung Bromo tak pernah terlepas dengan narasi legenda dari Joko Seger serta Roro Anteng, narasi ini berkembang turun – temurun hingga saat ini. konon legenda ini adalah legenda terbentuknya kawah gunung Bromo, gunung Batok serta lautan pasir yang ada di sekitaran kaldera Bromo, histori secara singkat yaitu seperti berikut.

Bromo4 Wisata Gunung Bromo Tempat Paling Indah Di Jawa Timur

Pada zaman dulu, sewaktu kerajaan Majapahit alami gejolak karna ada banyak serangan yang meneror kerajaan, masyarakat majapahit kebingungan untuk mencari tempat yang aman. Ditengah perjalanan pada akhirnya mereka berpencar jadi dua grup, yang satu ke penggunungan di sekitar Bromo dengan pemimpin rombongan yaitu Raja serta Permaisuri, serta yang satunya lagi ke Pulau Bali.

Sesudah beberapa dekade masyarakat yang tinggal di lokasi Bromo mulai dapat beradaptasi dengan lingkungannya, hingga pada akhirnya lahirlah seseorang bayi dari pasangan Raja serta Permaisuri yang dinamakan Roro Anteng. serta tidak jauh dari tempat sang Raja serta Permaisuri tinggal juga lahir seseorang bayi laki – laki dari keturunan Brahmana yang dinamakan Joko Seger.

Sesudah mereka tumbuh dewasa, ke-2 anak tadi sama-sama jatuh cinta, namun dalam perjalanan cerita cinta mereka ada seseorang raksasa yang berusaha untuk memisahkan mereka berdua, lewat cara melamar Roro Anteng lewat cara paksa, namun Roro Anteng tak bersedia serta menampik lewat cara halus, yakni dengan memohon persyaratan untuk membuatkan satu danau diatas Gunung Bromo dengan saat cuma satu malam. Persyaratan tadi di terima, namun pada waktu sistem pelaksanaan danau itu telah nyaris usai, Raksasa tadi digagalkan dengan tipu muslihat Roro Anteng. Raksasa tadi mengamuk serta melemparkan batok kelapa yang dipakai untuk menggalih danau tadi, yang dimana konon batok kelapa tadi jadi membesar hingga membuat gunung Batok, sesaat danau tadi beralih jadi satu kawah gunung.

Begitulah cerita legenda singkat tentang asal mulanya terbentuknya Gunung Bromo yang disebut icon wisata di Jawa Timur.

Rute Perjalanan Ke Wisata Gunung Bromo

Agar bisa nikmati keindahan gunung Bromo wisatawan bisa pilih sebagian jalur transportasi yang ada. lokasi wisata ini benar-benar sangat gampang untuk dijangkau, jika Anda datang dari luar Jawa Timur, Anda dapat transit dahulu di Surabaya dapat menggunakan rute Bandara atau Stasiun Kereta Api. lalu Anda dapat meneruskan perjalanan menuju rute atau jalur yang dapat dilalui untuk ke gunung Bromo yaitu seperti berikut ini :

1. Jalur dari Kabupaten Lumajang
Jika Anda melalui jalur dari kabupaten Lumajang, Anda dapat menempuhnya perjalanan dari kota Lumajang menuju kecamatan senduro, dari sini Anda dapat melanjutkan perjalanan menuju desa Ranu Pane, lalu melalui bukit menuju ke lokasi wisata Bromo lewat lokasi Jemplang. jika sudah di Jemplang Anda telah dapat lihat panorama gunung Bromo dari kejauhan.

2. Jalur dari Malang
Untuk jalur Malang, Anda dapat melewati perjalanan dari kota Malang menuju ke kecamatan Tumpang – Kab. Malang, dari sini perjalanan Anda akan diteruskan ke desa Bulak Klakah, serta bakal berjumpa dengan jalur yang melalui Lumajang, yakni lokasi Jemplang serta lalu dilanjutkan melalui padang savana gunung Bromo

3. Jalur dari Pasuruan
Jalur Pasuruan merupakan jalur ketiga yang dapat dilewati jika Anda ingin berkunjung ke gunung Bromo, Perjalanan Anda dapat diawali dari kota Pasuruan menuju ke kecamatan Wonorejo, dari sini Anda bisa meneruskan ke kecamatan Warung Dowo lalu ke kecamatan Tosari, dari kecamatan Tosari, Anda langsung menuju ke desa Wonokitri. Lalu dilanjutkan ke Penanjakan Gunung Bromo

4. Jalur dari Probolinggo
Jalur Probolinggo sendiri adalah jalur paling utama ke lokasi Tempat Wisata di Jawa Timur ini, jalur ini adalah jalur favorite beberapa wisatawan, Anda bakal dapat nikmati keindahan alam sepanjang perjalanan ke gunung Bromo. jika Anda pilih untuk melalui jalur Probolinggo, dari Surabaya perjalanan Anda bakal diteruskan ke kabupaten Pasuruan, menyusuri jalan pantura lalu masuk kabupaten Probolinggo. kemudian Anda bakal temukan pertigaan kecamatan Tongas serta dilanjutkan menuju kecamatan Lumbang, untuk anda yang masih tetap memiliki waktu luang dan menginginkan mengunjugi obyek wisata lain, di sini Anda dapat singgah ke obyek wisata Air Terjun Madakaipura.

Dan setelah anda sampai di kecamatan Lumbang, anda diteruskan perjalanan menuju kecamatan Sukapura yang mengikuti jalan menuju desa Cemoro Lawang, dan dari sinilah pintu paling utama untuk masuk ke lokasi gunung Bromo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *