Scuba Diving di Bali – Pulau Dewata

by
Scuba Diving in Bali
Scuba Diving in Bali

Dengan hanya mendengar namanya, Bali membangkitkan visi surga tropis. Para penulis terus menciptakan kata sifat untuk menggambarkan Bali tetapi hanya sedikit yang bisa melampaui kata-kata perdana menteri India Pandit Nehru yang menyebut pulau itu “pagi dunia”. Sebuah dunia yang lahir dari laut, dilepaskan oleh kekuatan kekuatan vulkanik. Ada dunia yang dalam, dunia di dalam, pagi dunia yang sebenarnya, dunia yang sepenuhnya berbeda milik Bali. Dunia biru ketenangan, keheningan, dunia yang memungkinkan Anda melupakan dunia …

Sebagai tujuan wisata paling terkenal di Indonesia, Bali tetap menjadi tujuan menyelam yang agak diremehkan. Percaya ini akan menjadi kesalahan.

Jika Anda menyelam di Bali, Anda akan melihat bahwa keanekaragaman terumbu Bali sangat mengagumkan. Saat menyelam di Bali, biarkan diri Anda terkejut. Sejauh menyangkut menyelam di Bali, pesona terbesar Bali adalah berbagai dan berbagai situs menyelam. Bangkai kapal, drop off, lereng pasir, bentang laut vulkanik hitam, arus deru dan teluk yang tenang … semua selera dapat ditampung.

Ada banyak fasilitas menyelam yang terpelihara dengan baik di Bali.

Ada empat area menyelam utama di Bali yang bisa Anda jelajahi :

1. Nusa Penida

Nusa Penida dan pulau tetangga Nusa Lembongan menawarkan beberapa penyelaman terbaik di Bali. Nusa Penida adalah sebuah pulau besar yang terletak di tenggara Bali, di seberang Selat Badung. Orang Bali menganggap pulau yang kering dan kasar ini berhantu, tetapi ini adalah penyelaman di sekitar Pulau Bali ini, karena jelas, arus karang yang tersapu adalah daya tarik utama.

Dengan parit laut dalam yang berdekatan, daya tarik utama di Nusa Penida adalah pertemuan umum dengan mola-mola laut yang ingin tahu dan sangat langka, atau Mola Mola, yang mendekati karang untuk mengunjungi stasiun yang lebih bersih.

Ada banyak sekali situs menyelam untuk dipilih. Di musim kita dapat mencoba untuk menemukan Mola Mola yang termasyhur, tetapi jantung dari penyelaman Nusa Penida menawarkan visibilitas yang menakjubkan, terumbu karang yang sehat, dan pelagis. Dan Anda bahkan tidak perlu banyak berenang di sini, karena hampir setiap penyelaman adalah penyelaman melayang.

Arus sering kuat karena pulau-pulau itu terletak tepat di jalur Aliran Sungai Indonesia. Selat Lombok memisahkan pulau-pulau Indonesia di Bali dan Lombok, itu adalah selat terpenting kedua di mana air dipertukarkan antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Waktu terbaik untuk menyelam di Nusa Penida adalah saat pasang surut di puncak dan tinggi, saat pergerakan air paling sedikit.

2. Amuk Bay (Candi Dasa & Padangbai)

Teluk Amuk, dengan desa-desa Padang Bai di selatan dan Candi Dasa di utara, berjarak sekitar 6 km dan terletak di sepanjang sisi selatan titik timur Bali. Dekat dengan Candi Dasa ada dua pulau besar, Tepekong dan Biaha, serta daerah dengan batu-batu kecil yang disebut Mimpang atau Batu Tiga.

Pulau-pulau di teluk ini sebenarnya sedikit lebih dari batu yang tersapu saat ini, dan memiliki keindahan yang liar. Teluk, yang dipenuhi oleh upwelling Bali selatan yang kaya, hiu tuan rumah, mola mola dan sekolah ikan, membuat situs menyelam Bali ini cukup menarik.

Jika Anda tertarik dengan makhluk kecil khusus Anda harus menyelam di sekitar Padang Bai. Inlet kecil ini dibatasi oleh karang yang dimulai sebagai langkan dangkal pada kedalaman sepuluh meter. Penggemar makro akan bersenang-senang menyelam di sekitar Padang Bay dan Blue Lagoon, di mana segala macam makhluk dapat ditemukan di perairan dangkal. Teluk terlindung juga merupakan lokasi yang ideal untuk menyelam malam hari.

Menyelam di daerah ini sangat kaya. Ada juga beberapa lokasi penyelaman yang luar biasa untuk hiu, pari, sekawanan ikan besar dan ini adalah salah satu tempat di mana Mola Mola melihat mola-mola laut secara teratur terlihat dari Agustus hingga Oktober. Suhu air cukup dingin, selalu ada sedikit lonjakan tetapi visibilitas biasanya cukup baik.

3. Amed and Tulamben

Tulamben, rumah dari bangkai kapal Perang Dunia II yang terkenal, adalah situs menyelam paling terkenal dan paling dicintai di Bali. Teluk Tulamben, terletak di zona biogeografi laut terkaya di dunia dengan lebih dari 2500 spesies ikan dan 700 karang. Terletak di pantai timur laut, teluk ini menerima air yang sangat kaya plankton dari arus laut utama yang bergerak dari Pasifik ke Samudra Hindia dan sebaliknya.

Amed terletak di pantai timur laut Bali, sekitar 2,5 jam perjalanan dari Kuta. Dari sudut pandang lanskap, Amed jauh lebih cantik daripada Tulamben. Anda akan melihat banyak sawah di sepanjang jalan, penggaraman garam tradisional dan juga pantai berpasir yang bertentangan dengan pantai berbatu Tulamben. Menyelam di Amed masih belum tersentuh dan Anda akan menemukan beberapa penyelam di lokasi penyelaman ini.

Ada juga situs menyelam yang sangat baik yang membentang dari Tulamben ke Amed dan hampir sampai ke ujung timur Bali, beberapa baru-baru ini ditemukan, banyak yang masih menunggu untuk dijelajahi. Dasar pasir hitam menawarkan latar belakang yang dramatis untuk kehidupan ikan yang luar biasa kaya.

4. Menjangan Island

Terumbu Bali Barat Laut di sekitar Pulau Menjangan adalah beberapa yang paling dilindungi di pulau itu.

Perairan tenang yang jernih, kapal karam kayu tua yang misterius, dan dinding-dinding berbalut gorgonia yang kokoh dalam kondisi sangat baik, menjadikan Pulau Menjangan di pantai barat laut Bali, tempat penyelaman utama.

Sekitar 14 lokasi penyelaman dapat dipilih dengan air jernih dan kondisi tenang. Menjangan adalah bagian dari Taman Nasional Bali Barat. Itu adalah dinding tertutup gorgonia kasar yang membuat situs penyelaman utama pulau Northwest Bali ini.

Dinding-dinding karang di sekitar Menjangan turun secara vertikal antara 30-60 meter, sebelum perlahan-lahan miring ke luar. Permukaan terumbu sangat kasar dengan gua-gua, gua-gua dan celah-celah memecah dinding karang, bertekstur dengan sudut kecil dan celah. Gorgonia dari berbagai jenis mencapai ukuran besar di sini, dan spons tong besar berlimpah. Karang lunak menyelimuti dinding penuh warna sampai ke bawah.

Ujung barat Menjangan memiliki penyelaman yang lebih dalam, namun sama menariknya di atas kapal karam kayu tua. Disebut “Anker”, kota ini berada di lepas pantai pulau, dekat dengan sebuah dermaga kecil di Park Service dan pos penjagaan.

Lebih jauh ke utara, Gilimanuk menawarkan beberapa penyelaman muck yang fantastis di Secret Bay dan Selatan ada situs muck yang sama menariknya di PJ’s.

Sekarang akhirnya Anda dapat menemukan dunia bawah laut Bali secara pribadi dan lengkap dengan Dive Around Bali. Jangan ragu untuk menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut.

Michel De Ruyck.

Michel adalah instruktur PADI berpengalaman dari Belgia dan telah tinggal dan bekerja di Bali selama empat tahun. Ia juga bekerja di Filipina, Komodo, dan Sulawesi. Michel jatuh cinta dengan Bali dan suka berbagi cinta itu dengan orang lain yang ingin menemukan The Morning of the World … Michel adalah seorang fotografer bawah laut yang bersemangat dan memiliki pengetahuan luas tentang kehidupan laut dan situs menyelam di sekitar Bali dan orang-orangnya serta budaya yang berkeliaran di tanah. Dia telah menerbitkan foto-fotonya di beberapa majalah. Sekarang dia menjalankan bersama dengan istrinya operator tur selam untuk liburan selam di Pulau Bali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *